7 Tips Naik Motor Aman dan Nyaman Saat Musim Hujan

Paling tidak sampai Februari kedepan musim hujan akan tetap mengguyur daerah Indonesia. Saat musim hujan, sepeda motor pun butuh perawatan tambahan sebab air hujan bisa bikin kehancuran pada sejumlah elemen sepeda motor.

Agar motor dalam situasi baik serta masih nyaman serta aman dikendarai, selanjutnya 7 taktik buat beberapa pemakai sepeda motor kala musim penghujan:1. Ban
Lihat situasi ban motor dalam kondisi tidak gundul atau aus. Ban yang udah aus dapat memicu daya cengkraman ban pada jalan menyusut khususnya dalam situasi hujan.

“Yakinkan dorongan ban senantiasa dalam situasi standar buat mengoptimalkan daya cengkram ban pada jalan raya,” papar Ade Rohman, Asisten Manager Technical Training PT Daya Adicipta Motora (DAM) bertindak sebagai distributor khusus sepeda motor serta suku cadang Honda di Jawa Barat.

Tidak hanya itu, pakailah ukuran ban yang sesuai dengan standard pabrikan dan yakinkan dorongan angin sesuai sama standard yang tersebut pada sepeda motor. Ukuran standard dorongan ban bisa disaksikan pada dek motor buat motor type skutik. Sesaat pada motor type sport serta bebek ukuran tersebut pada swing arm.

2. Cup supressor (cangklong busi)
Yakinkan cub supressor dalam situasi sempurna, khususnya karet sealnya hingga mesin dapat senantiasa sempurna walau sepeda motor menerjang kubangan air hujan. Apabila karet atau seal cup supressor dalam situasi kurang baik, jadi busi dapat korsleting apabila sepeda motor diperlukan dalam situasi hujan lebih apabila cub supressor terserang air hujan.

3. Rantai
Cek situasi rantai dengan periodik, membersihkan serta kasih pelumas rantai dengan oli SAE 80-90 disebabkan air hujan memiliki kandungan zat asam yang tinggi. Apabila rantai dibiarkan tiada pelumasan dengan teratur, jadi memicu dapat cepat keropos serta rusak (Aus).

“Apabila mesti kerjakan perubahan spareparts, utamanya pemakai motor Honda, pakai Honda Genuine Parts (HGP) jadi suku cadang asli Honda yang amat dianjurkan buat pemakai sepeda motor Honda,” lanjut Ade.

4. Kala membabat kubangan air
Hati hati ketika sepeda motor dipaksakan buat membabat kubangan air. Yakinkan kubangan air yang dilalui tidak raih ketinggian lubang filter udara. Apabila filter udara kemasukan air jadi mesin dapat berlangsung petunjuk water hammer dengan dampak seperti berhenti, blok mesin retak, piston pecah, stang seher bengkok serta elemen khusus mesin akan juga alami kehancuran.

Spesial buat sepeda motor jenis matik yang tidak memanfaatkan penggerak rantai serta gigi, seharusnya melakukan pengecekan dan pergantian suku cadang dengan periodik di bengkel dapat dipercaya. Buat menjauhi ketidaknyamanan serta malfunction ketika sepeda motor dimanfaatkan.

5. Bersihkan motor
Seharusnya seringkali kerjakan pencucian sepeda motor khususnya seusai sepeda motor terserang air hujan. Hal semacam itu biar cover-cover, pelek, frame serta lain-lainnya yang terdapat di sepeda motor tidak berlangsung pergantian warna serta pemburukan yang lain.

“Membersihkan motor yang terserang air hujan dengan air bersih bisa berguna buat menghambat munculnya karat pada sepeda motor,” papar Ade.

Butuh jadi perhatian buat sepeda motor jenis sport buat berhati hati sewaktu kerjakan bersihkan motor dengan steam atau dorongan tinggi sebab sewaktu air di semprotkan ke sisi fuel tank ada uap air yang dapat masuk lewat fuel tank cap atau tutup tanki. Ini dapat memicu fuel tank keropos atau berkarat pada bagian dalam.

6.Lampu LED
Buat sepeda motor yang memanfaatkan lampu depan type LED, apabila arah sinar lampu ada dalam tempat normal seharusnya arah sinar lampu depan dibikin lebih menuju ke bawah biar pencahayaan lampu semakin lebih maksimum sewaktu dimanfaatkan dalam situasi hujan.

Peranan itu bikin pengendara dapat terima pantulan sinar lampu dari cermin yang terbuat oleh rintikan hujan hingga pengendara dapat alami penurunan pandangan ke jalan ketika berlangsung hujan.

“Penyetelan sesuai dengan jarak pada titik jatuhnya sinar ke tanah, serta seharusnya dikerjakan oleh orang pakar atau oleh mekanik bengkel sah,” papar Ade.

7. Servis periodik
Melakukan pengecekan sepeda motor dengan periodik serta teratur di bengkel dapat dipercaya. “Ini sebagai soal khusus yang penting dikerjakan buat meyakinkan kendaraan anda masih sempurna kala dikendarai serta melawan musim hujan,” tutup Ade.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *