Tangkis Rasa Kantuk Saat Naik Motor, Coba Cara Sederhana Ini

Menunggangi motor perlu konsentrasi serta situasi fisik yang fit. Apabila tak dapat mengundang berlangsungnya kecelakaan di jalan. Satu diantaranya hal biasa yang seringkali dilupakan merupakan kerjakan penegangan sesaat sebelum naik motor.

Penegangan atau stretching amat menolong konsentrasi pemotor sampai tak mengganggu konsentrasi berkendara di jalan raya. Diluar itu stretching dirasa efisien untuk tingkatkan keluwesan badan.

Penegangan bukan sekedar dijalankan oleh mereka yang pingin berkendara jauh atau touring, tapi butuh untuk jarak pendek dalam sehari-hari.

“Sebelum berkendara, paling tidak kerjakan pemanasan enteng, seperti stretching. Tidak usah lari-lari. Pemanasan enteng di dalam rumah sebelum naik motor. Maksudnya biar saluran darah jadi lancar pada waktu berkendara,” membuka Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion PT Wahana Makmur Sejati.

Pemanasan enteng, lanjut Agus Sani, bisa tingkatkan konsentrasi di jalan. Karena apabila saluran darah lancar, jadi automatis oksigen yang disalurkan ke otak jadi penuh.

“Jika oksigen penuh, jadi konsentrasi serta konsentrasi berkendara kita lebih baik, contohnya tak mengantuk atau atau terpejam beberapa waktu. Jika mengantuk, lalu berhenti, ngopi di warung tepi jalan, itu tak membuat ngantuknya berhenti pun,” katanya.

Diluar itu perihal lain yang bikin pemotor cepat penat merupakan kekeliruan mengontrol urutan badan. Apabila penat, hal ini pun dapat mengundang rasa kantuk. Sebab itu sewaktu naik motor butuh melihat urutan bahu serta siku tangan.

Waktu naik motor bahu mesti dalam urutan santai serta tak tegang. Sesaat siku tangan dikit menekuk. Ini berperan untuk kurangi getaran yang dikarenakan dari roda depan.

“Pada waktu melalui jalan rusak, kan shock dapat turun-naik, Jadi ia dapat ketahan di sisi siku. Jika (tangan) lurus, getarannya dapat naik ke bahu, dampaknya pengendara dapat simpel penat,” katanya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *