8 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Pada Sistem Rem Sepeda Motor

Bagian penting dalam kendaraan yg tidak bisa terabaikan ialah metode pengereman. Pasalnya bagian satu ini bertindak sangatlah penting untuk hentikan kecepatan kendaraan. Dalam banyak masalah kecelakaan fatal ialah rem tidak berperan secara baik.

Jadi, pengereman adalah satu metode yg begitu penting sebab sangatlah erat relevansinya dengan keamanan serta keselamatan pengendara.

Pribadi untuk sepeda motor, pada umumnya metode rem dibagi jadi dua style, adalah rem dengan metode mekanis serta rem dengan metode hidrolik. Antara ke dua style rem itu yg butuh dapatkan perhatian lebih ialah pada style rem hidrolik.

“Ada sekian banyak point yang perlu jadi perhatian oleh pemilik sepeda motor supaya kerja dari metode rem hidrolik ini kerja secara baik,” membuka Ade Rohman, Asisten Manager Technical Training PT Daya Adicipta Motora (DAM).

Selanjutnya dia memberberkan 8 point penting itu, ialah:

1. Ubahlah minyak rem dilaksanakan tiap-tiap 2 tahun sekali atau kalau sudah meraih jarak 24.000 km..

2. Walau jarak perubahan periodik lumayan lama, tetapi sangatlah dianjurkan untuk mengerjakan pengecekan lewat cara visual keadaan minyak rem yg terdapat pada tank “master rem” baik pengecekan jumlah atau mutunya.

3. Untuk pengecekan jumlah bisa disaksikan dari level permukaan minyak rem apa telah sentuh marking “Lower” atau level paling bawah. Kalau telah sentuh, karena itu butuh dilaksanakan pengecekan, apa memang jumlah minyak rem yg telah menyusut atau memang keadaan dari pad set atau kampas remnya yg telah mulai aus.

“Makin aus pad set atau kampas rem maka dapat turunkan level permukaan minyak rem di tank master rem,” jelas Ade Rohman.

4. Selesai ganti pad set, keadaan minyak rem masih kurang, karena itu isilah tank master rem dengan minyak rem s/d marking “Upper” atau level teratas (maximum).

5. Tetapi kalau selesai ditukar kampas rem keadaan minyak rem telah sentuh “Upper” atau level teratas (maximum), karena itu tak perlu isi minyak rem .

6. Untuk pengecekan kualitas dari minyak rem, bisa disaksikan dari warna minyak rem itu. Makin gelap memberikan indikasi mutunya yg telah tambah berkurang.

7. Pakai minyak rem dengan style DOT 4 supaya semakin dapat meredam suhu karena panas pengereman.

8. Rubah lah seal master rem kalau telah berasa ada perihal ganjil kala pengereman.

“Sejumlah yg umumnya diresahkan oleh costumer ialah handle rem yang merasa blong saat didesak, atau malah handle rem yg sangatlah keras tapi kendaraan tidak alami penurunan kecepatannya,” jelasnya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *