6 Kebiasaan Sepele Penyebab Cat Motor Cepat Rusak

Walaupun motor udah lama dipunyai, penginnya masih nampak kinclong seperti baru. Tetapi itu rasa-rasanya seperti kemungkinannya kecil.

Meskipun demikian, sedikitnya pemilik motor dapat mengupayakan biar cat motor masih nampak bagus. Jadi, yang perlu dijalankan ialah menjaga serta mengontrolnya.

Beberapa hal remeh bahkan juga dapat membuat cat motor rusak bila gak dilihat. Tersebut 6 hal yang menjadi pemicu cat motor cepat rusak, menurut Honda Cengkareng.

Debu yang Melekat
Debu yang kelamaan menempel pada body akan membuat daya kilap plastik seamkin menyusut. Jangan hiraukan soal ini, lantaran body motor dapat baret. Partikel halus pengganggu yang hampir tetap hinggap di otor bisa juga membuat keindahan warna motor terusik.

Jadi, rutinlah basuh motor, janganmengelap langsung dengan lap kering lantaran dapat baret. Lakukan langsung mencuci debu dengan air agar partikel lembut itu luntur.

Terserang Air Hujan
Di wilayah perkotaan, situasi air hujan dapat kian asam lantaran terkena polusi. Hal demikian dapat punya pengaruh terhadap warna cat motor. Air hujan mempunyai kandungan zat asam nitrat (NHO3) yang dapat mengakibatkan kerusakan susunan pengkilap cat motor. Ditambah lagi zat itu dapat percepat proses korosi di bagian logam, sebagaimana pada mesin serta sasis. Sesudah terserang air hujan, lakukan untuk mencuci dengan air bersih.

Proses Basuh Motor
Proses membasuh motor yang kurang baik, seperti gunakan sabun jawil atau detergen untuk membasuh dapat mengakibatkan kerusakan cat. Karena, sabun jawil atau detergen mempunyai kandungan zat kimia keras yang dapat mengakibatkan kerusakan kwalitas serta mengikis cat motor.

Bila mau membasuh motor, manfaatkanlah shampoo teristimewa motor. Basuh motor pada waktu situasi mesin dingind serta letakkan di urutan teduh.

Proses Pengeringan Kurang Pas
Sesudah membasuh, mengeringkan motor pun butuh dilihat. Teknik yang kurang pas dapat kurangi kwalitas cat motor. Pengeringanyang kurang prima seperti bercak air yang ketinggalan pada body motor, dapat membuat timbulnya noda air atau jamur yang kedepannya sukar di hilangkan. Keringkanlah seluruhnya sisi motor sampai ke sisi celah-celah sesudah tuntas membasuh motor. Gunakan kanebo atau kain halus yang lain yang akan tidak menggres cat motor.

Terkena Terik Matahari
Upayakan mencari tempat parkir yang teduh, bila terpaksa sekali parkir pada tempat terbuka. Panas dari cahaya matahari dapat membuat cat motor kusam ditambah lagi parkir berjam-jam. Radiasi cahaya ultraviolet (UV) dapat mendekonstruksi susunan cat, yang megakibatkan warna cat motor kusam, redup, atau menguning.

Cipratan serta Tumpahan Minyak
Minyak rem memang memiliki fungsi penting untuk pengereman. Tetapi tak bila tercecer sampai ke body motor. Karena minyak rem dapat meresap ke susunan cat serta merusaknya. Gak cuma minyak rem, namun juga bahan bakar minyak.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *