5 Komponen Motor Ini Perlu Perhatian Khusus Saat Cuaca Panas

Belakangan ini cuaca cukup panas di sebagian wilayah, khususnya di Jakarta. Akan tetapi udara panas serta terik bukan berubah menjadi hambatan buat kaum muslim untuk konsisten berpuasa serta jalankan aktivitasnya sesehari, terhitung memakai sepeda motor.

Waktu cuaca yg panas, sepeda motor pun butuh perhatian privat, khususnya untuk beberapa bagian atau sisi.

Setidaknya ada 5 sisi yg butuh dikasih perhatian tambahan menurut waktu motor kita seringkali terkena waktu cuaca panas ramadhan kesempatan ini.

1. Dorongan Ban

Satu diantaranya bagian yg dikasih perhatian privat yaitu ban. Pasalnya suhu panas bisa membuat dorongan angin dalam ban berganti-ganti hingga kenyamanan dalam berkendara berubah menjadi menyusut.

“Tidak hanya itu bisa menjadikan dorongan ban berganti-ganti sewaktu-waktu. Soal ini bisa diselesaikan dengan mengerjakan penelusuran keadaan dorongan ban sekerap mungkin atau paling tidak sebelum berkendara. Tidak hanya itu, cocokkan dorongan ban dengan standar yg ditetapkan oleh pabrikan,” kata Reza Rezdie Shahertian bertindak sebagai Technical Training PT Astra Honda Motor (AHM).

2. Ban

Dalam keadaan demikian kasih peratian tambahan pada keadaan ban. Ban motor yg terserang suhu panas tak henti bisa memercepat penurunan mutu ban seperti struktur ban yg tampak pecah-pecah atau getas. Soal ini bisa diselesaikan dengan mengerjakan pergantian ban lama dengan yg baru jikalau struktur ban telah tampak retakan yg besar untuk mendapat kenyaman waktu berkendara.

3. Rantai

Udara panas yg menusuk bisa pula membuat pelumas pada rantai dapat jadi kering lebih cepat sehinggakerja rantai tak halus. Kemampuan rantai bisa menyusut, rantai akan condong akan keluarkan bunyi kasar waktu kerja serta rantai bisa jadi kaku.

“Soal ini bisa dijauhi dengan mengerjakan kontrol serta perawatan periodik, seperti melumasi rantai dengan Chain Lube yg direkomendarikan, dan mengatur kekenduran rantai yg tercantum pada stiker swing arm motor,” tambah Reza.

4. Bearing roda

Waktu keadaan panas berkelanjutan, biker pun butuh periksa keadaan bearing roda atau yg seringkali disebutkan dengan klaher. Tidak cuman seringkali melalui jalanan yg rusak, suhu panas bisa pula menjadikan pelumas bearing serta seal mengeras gara-gara memuainya ke-2 bagian itu.

Ciri-cirinya, roda depan tak berputar-putar lewat cara halus serta terdengar bunyi. Satu diantaranya penyelesaiannya yaitu ganti seal pada bearing jikalau telah tampak getas, dan imbuhkan pelumas atau gemuk pada roda-roda bearing motor.

5. Body motor

Paling akhir yaitu body motor. Karena seringkali terkena cahaya matahari terik dalam periode waktu yg tak henti. Bisa membuat penurunan mutu warna body motor. untuk jaga biar tak berlangsung, bersihkanlah motor lewat cara teratur dengan memakai sabun privat kendaraan bermotor dapat dipercaya yg dipasarkan di market.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *