6 Komponen yang Harus Diperiksa saat Setang Sepeda Motor Tidak Stabil

Apabila rasakan setang sepeda motor goyang ataukah tidak konstan, jangan dibiarkan. Hal tersebut dapat terdapat resiko serta membahayakan keselamatan pengendaranya.

Apabila rasakan setang sepeda motor goyang ataukah tidak konstan, jangan dibiarkan. Hal tersebut dapat terdapat resiko serta membahayakan keselamatan pengendaranya.

Jadi itu selekasnya kerjakan pengecekan. Setang sepeda motor yang merasa goyang ini dikarenakan oleh faktor-faktor. Salah satunya yaitu karena menaklukkan jalanan berlubang atau jatuh.

Sementara itu, problem di bagian setang ini rata-rata mempunyai beberapa ciri teristimewa yang dapat dirasa pengendara. Dikarenakan dari itu, selanjutnya ada enam yang wajib dicheck waktu setang motor tak konstan atau berasa goyang, menurut Honda Cengkareng.

1. Check Keadaan BanPertama, coba check keadaan ban motor apa bagian-bagian permukaan ban rata tahu tidak, lalu check dorongan angin apa sesuai ukuran.

Terkecuali itu, check tambalan ban lantaran tambalan ban yang kurang baik dapat memunculkan tonjolan. Lekas tukar bila mendapatkan ban yang sudha memunculkan tonjolan lantaran dapat membahayakan pada waktu dikendarai.

2. Check Keadaan Velg

Check velg roda adakah sisi yang bengkok serta retak. Pengecekan bisa dijalankan melalui cara memanfaatkan standard dua, setelah itu putar ban serta lihat pergerakan roda.

Kalau ada sisi yang goyang bermakna velg ada yang bengkok, serta untuk yang retak lebih baik segerakan tukar dengan velg yang baru.

3. Check Bearing Roda

Bearing roda ada ditengah-tengah roda serta berhubungna langsung dengan roda. Check beearing roda adakah bantalan peluru yang pecah. Apabila rusak atau oblak harus lekas ditukar.

Untuk mengeceknya, triknya yakni dengan menggoyang roda ke kiri serta ke kanan. Bila berasa oblak bermakna bearing roda memang seharusnya ditukar.

4. Segitiga Dudukan Setang

Check segitiga dudukan setang motor yang mengaitkan di antara setang dengan shockbreaker. Umumnya kerap berlangsung ketidaksejajaran di antara garpu kiri serta kanan.

Untuk tahu bisa dijalankan melalui cara meluruskan pada tempat yag rata atau datar dengan mengukur memanfaatkan fuller. Bila diketemukan ketidaksejajaran semestinya bawa pula segitiga itu ke tukan press untuk diperbaiki.

5. Check Shockbreaker

Peranan penting shockbreaker salah satunya yaitu menyerap surprise dari permukaan jalan yang tidak rata atau bergelombang mau bikin berkendara makin nyaman serta nikmat.

Shockbreaker pula berperan untuk menaikkan daya cengkram roda pada jalan. Tabrakan serta sisa jatuh umumnya mendekati rusaknya shockbreaker ini hingga tempat shock tidak presisi atau lurus.

Yang menimbulkan yang lain yaitu karena tidak kompak atau rapatnya karet bantal shockbreaker. Bawa pula ke bengkel paling dekat untuk dikontrol lebih jelas berkaitan kehancuran shockbreaker.

6. Check Komstir

Komstir ada di sumbu di antara segitiga garpu depan serta rangka motor. Komstir ini berperan menggenggam kegunaan dalam pengaturan. Umur penggunaan yang telah lama akan menyebabkan komstir berasa oblak, sulit digerakkan, berasa kasar, serta belok kurang.

Kehancuran komstir ini umumnya yaitu mangkuk-mangkuk serta bola-bola besi yang udah aus. Semestinya ditukar serta mengusahakan agar beli sparepart yang baru lantaran ini begitu penting serta dapat tahan lama.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *